Pada zaman serba digital ini, foto biasanya cuma tersimpan dalam memori atau di balik layar gadget. Mencetak foto ke atas kertas jadi kegiatan yang langka, pun termasuk mahal.

Namun, seseorang bernama Michael Ciuffo membuat sebuah kamera instan yang biaya cetaknya supermurah. Kamera hitam putih buatannya bisa mencetak foto di kertas bon.

Kamera ciptaan Ciuffo bernama PrintSnap. Dia menggunakan kertas bon, yang harganya jauh lebih murah, sebagai pengganti kertas foto. Kertas bon tersebut adalah jenis thermal paper yang dapat berubah warna jika terkena panas.

PrintSnap bisa digunakan cukup dengan memasang gulungan kertas bon ke dalam kamera dan tak perlu mengganti tinta. Hanya perlu 30 detik untuk mencetak foto dari kamera ini.

Hasil cetak kamera ini berwarna hitam-putih dalam ukuran 640 x 384 piksel atau 3×1,75 inci. Walau hasil cetaknya tak bisa dikatakan bagus, kamera ini punya kelebihan lain yang menarik. Ciuffo memperkirakan biaya cetak PrintSnap hanya 0,003 dollar AS, atau setara Rp 37 per lembarnya.


Cuffio rencananya akan memproduksi kamera ini melalui crowdfunding. Buat Anda yang tertarik soal pembuatannya, Cuffio juga membagikan proses kreatif membuat PrintSnap di link berikut: http://ch00ftech.com/2014/12/17/printsnap-instant-camera/.

Penulis: Yoga Hastyadi Widiartanto

0
Send a message
Sorry! We aren't around right now. Leave a message and we'll get back to you, asap.
Your name
* Email
* Describe your issue
Login Chat
Questions? We're here. Send us a message!
Your name
* Email
We're online!
Share This