Musim hujan yang sebentar lagi akan berlalu ini masih bisa kita manfaatkan untuk membuat beberapa foto cityscape yang bagus saat cuaca sedang tidak bersahabat. Sebelum matahari mulai bersinar terik, mari kita ulas beberapa tips memotret di tengah kota saat hari sedang hujan:

Rainy Days

Rainy Days – Formidable Photography

 

Refleksi

Untuk mendapatkan view kota dengan cara berbeda, manfaatkan genangan air di jalan atau trotoar untuk mengambil foto gedung-gedung tinggi yang tercermin di sana. Mobil juga bisa menjadi objek yang bagus untuk foto refleksi seperti ini. Gunakan kaca jendela atau spionnya untuk mengambil gambar kesibukan di sekitarnya. Atau kalau kamu sedang ada di lantai gedung yang agak tinggi, kamu juga bisa memanfaatkan kaca dari gedung yang berseberangan untuk mengambil refleksi sekitar dan bahkan langit mendung beserta hujannya.

021

Mendung Bercermin – allophelia

Slow Shutter Speed

Saat kamu sedang berteduh menunggu hujan berhenti, manfaatkan waktu yang ada untuk fotografi slow speed. Cari spot dimana kameramu terlindung dari hujan tapi juga tidak terhalangi jendela (kalau memungkinkan). Gunakan meja atau benda lain untuk menstabilkan kamera dan ini akan membantu membuat foto dimana latar belakang benar-benar diam tapi dihiasi gambar gerakan abstrak dari kesibukan di depannya, mungkin dari orang-orang yang berlarian menghindari hujan atau arus lalu lintas.

Artikel fotonela tentang shutter speed, bisa kamu baca di sini.

Percikan Air

Ketika cuaca sedang buruk, kendaraan bermotor bisa melindas genangan air dan membuat cipratan. Mungkin menyebalkan kalau sampai membasahi kamu, tapi ini juga sebenarnya bisa jadi objek foto yang luar biasa. Tapi hati-hati juga dengan kameramu. Kalau lensa tidak bisa mengambil jarak yang terlalu dekat dan kamu harus mendekati objek, setidaknya pastikan kamera dan lensa terlindungi

Orang-orang

Memotret orang yang berlalu-lalang di hari hujan dengan payung bisa menggambarkan keadaan cuaca dengan baik. Coba atur shutter speed hingga bisa membuat foto yang sedikit blurry saat mereka bergerak menghindari hujan, mode gambar hitam&putih akan efektif untuk foto semacam ini. Akan lebih bagus lagi kalau ada background yang mendukung kontras, seperti etalase toko yang menyala terang (jika kamu memotret saat mulai gelap) atau tembok yang tidak terlalu ramai dengan detil.

Foto Yang Memiliki Rasa

Hujan dan cuaca buruk bisa menciptakan mood. Menambahkan langit yang penuh tetesan air untuk menghiasi cityscape bisa menciptakan foto yang ber-“rasa” dan punya atmosfer. Meskipun sedikit tricky untuk memotret saat mendung, tapi hasilnya akan sepadan.

Penulis : allophelia

sumber : fotonela.com

Share This